To view this notification widget you need to have JavaScript enabled. This notification widget was easily created with NotifySnack.
Find us on Google+ Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana | Tulisan di Papan

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana | Tulisan di Papan

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana -  Tulisan di Papan Tanda. Berikut ini tips sederhana cara gampang membuat tulisan pada papan untuk hiasan dinding.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana


Ada beragam bentuk kerajinan tangan yang sangat sederhana dan mudah sekali dibuat. Dan salah satunya akan kita buat tutorialnya pada artikel kerajinan tangan kali ini.

Untuk bisa membuat sebuah kerajinan tangan yang bagus tentu saja biasanya dibutuhkan berbagai macam bahan dan alat yang bagus. Namun alat dan bahan untuk membuat sebuah kerajinan tangan juga sebenarnya tidak selalu harus baru atau bagus.

Selain bahan dan alat, satu hal yang sangat penting dalam membuat sebuah kerajinan yang berkualitas adalah cara atau tehnik membuatnya. Dan untuk tehnik tentu saja ada beragam cara dari mulai yang paling cangih, sampai dengan yang paling mudah. Dan pada kesempatan kali ini kita akan memanfaatkan sebuah cara membuat kerajinan tangan sederhana dengan tehnik yang sangat gampang dan sederhana.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Tanda


Papan tanda biasa kita jumpai di berbagai tempat. Papan seperti ini biasanya berisi tulisan untuk menunjukkan arah atau keterangan sebuah tempat. Misalnya papan tanda dengan tulisan "Ruang Guru", "Dilarang Masuk", dan lain sebagainya. Bahannya bisa berupa papan dari kayu ataupun dari bahan lainnya seperti plastik, fiber, dan lain sebagainya.

Nah papan tanda inilah yang akan kita buat kali ini. Dan kali ini kita akan membuatnya dengan bahan dari papan kayu. Dan yang pastinya seperti judul di atas kita akan mempraktekkan cara membuat kerajinan tangan sederhana dengan tehnik yang sederhana pula.

Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Hias


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Tehnik Sederhana Membuat Tulisan di Papan Tanda


Oh iya, jika kita sebelumnya kita banyak melihat papan tanda dengan tulisan berisi keterangan tempat atau lainnya. Nah kali ini kita akan membuat papan tanda yang berisi tulisan-tulisan lucu dan unik. Jadi papan ini nantinya bisa kita letakkan di dinding ruangan, dan berfungsi sebagai hiasan dinding unik.

Berikut ini cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa papan tanda unik :



Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Hias 1
Pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan-bahannya yaitu seperangkat komputer, printer, kertas folio, papan kayu, kapur tulis, pensil, dan cat kayu.

setelah semua bahan siap, langkah pertama yaitu membuat model tulisan di komputer. Silahkan pilih tulisan apa yang akan dibuat, sekaligus pilihlah ukuran tulisan, dan jenis huruf yang akan dipakai. Pastikan tulisan yang anda buat di komputer ukurannya tidak lebih besar daripada papannya.

Setelah selsesai membuat tulisan pada komputer, cetaklah tulisan tersebut pada kertas polos dengan menggunakan printer. Sekali lagi pastikan tulisan yang dicetak ukurannya bisa pas masuk pada papan kayu. Jika dirasa terlalu besar atau terlalu kecil, tulisan di komputer bisa diperbaiki lagi dan dicetak ulang sampai dirasa pas.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Hias 2
Langkah kedua setelah mencetak tulisan pada kertas folio atau kertas polos, silahkan potong tulisan di kertas. Untuk memotong usahakan memotong kalimatnya kata per kata. Setelah dipotong kata per kata, susunlah kalimat tersebut pada papan kayu dan aturlah sedemikian rupa sehingga bentuk dan letak tulisannya terlihat menarik.

Tulisan hanya perlu diletakkan saja pada papan tidak perlu dilem atau ditempel. Proses ini hanya untuk mencari gambaran letak yang pas saja. 


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Hias 3
Setelah sudah ada gambaran tentang bagaimana letak susunan kalimatnya kata per kata pada papan, lepas dan ambil semua kertas dari papan. Jangan lupa untuk mengingat-ingat letak kertas tiap kata yang tadi diletakkan di papan.

Langkah berikutnya ambil satu lembar kertas berisi satu buah kata (bisa mulai dari kata pertama yang paling atas). Lalu letakkan kertas dalam posisi terbalik (tulisan menghadap ke bawah). Ambil sebatang kapur tulis, lalu usapkanlah secara merata pada permukaan kertas yang kososng (dibalik tulisan).


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Hias 4
Untuk contoh, coba setelah kertas diusap dengan kapur di seluruh permukaan polosnya, baliklah dan letakkan kertas yang telah diberi kapur pada papan dengan posisi tulisan menghadap ke atas. 

Lalu cobalah untuk "tracing" atau menebalkan bekas tulisan kapur dengan menggunakan pensil pada semua huruf yang ada di kertas satu per satu. Setelah itu cobalah angkat kertas tersebut dan perhatikan permukaan papannya, pastikan ada bekas tulisan dengan kapur seperti gambar di atas.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Hias 5
Dengan cara nomor 4 di atas, cobalah lakukan hal yang sama pada semua potongan kertas. Untuk menghindari kertas selalu bergerak, bisa memakai bantuan selotip.

Setelah proses "tracing" selesai kata per kata, lalu catlah tulisan tersebut dengan menggunakan cat kayu dan kuas kecil. Untuk sementara proses mengecat tulisan tidak perlu terlalu rapi. Ini hanya agar tulisan bekas "tracing" tidak hilang. Nanti setelah semua selesai bisa dirapikan semuanya.

On iya, karena kapur tulis yang menempel pada papan sifatnya mudah sekali hilang, usahakan untuk tidak melakukan semuanya sekaligus secara bersamaan. Selesaikan kata per kata.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana - Papan Hias 6
Nah jika semua proses "tracing" dan mengecat tulisan sudah selesai, sekarang huruf-huruf yang tadi hanya dicat ala kadarnya bisa dicat kembali dengan rapi. Setelah semua selesai, biarkan cat benar-benar kering sebentar. Nah papan hias sudah jadi dan siap dijadikan hiasan dinding ruangan.


VIDEO

Video Cara Membuat Kerajinan Tangan Sederhana (Tulisan di Papan)


Itulah sedikit tips mudah cara membuat kerajinan tangan sederhana berupa papan tanda untuk hiasan dinding, semoga bermanfaat bagi anda.

sumber: bywilma.com

1 comment:

rosi said...

Keren mas brooo kerajinannya, jadi pengen bikin hee tapi kalimatnya seperti apa yahh

Custom Search